OBJEK-OBJEK
MULTIMEDIA
(Makalah Mata Kuliah Teknologi Informasi
Dan Multimedia)
Oleh:
Kelompok 4
Aldilla Putri 1214131008
Eka Prianti 1214131032
Erni Rohasti 1214131034
Fitri Solekhah 1214131040
JURUSAN
AGRIBISNIS
FAKULTAS
PERTANIAN
UNIVERSITAS
LAMPUNG
2013
I.
PEMBAHASAN
Multimedia
adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data,
media ini dapat audio, animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk,
2002 Hal 21). Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang
dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio, dan
gambar video (Robisn landa, 2001).
Pada saat ini, komputer multimedia telah menjadi
suatu kebutuhan, bagi kalangan bisnis ataupun kelompok masyarakat lainnya. Pada
saat ini, informasi tidak cukup hanya melalui teks dan grafik saja.
Sekarang informasi mencakup kelengkapan teks, grafik, animasi, gambar dan
audio/video.Menggunakan teks dan simbol untuk komunikasi merupakan perkembangan
manusia yang dimulai sejak 6.000 tahun lalu. Pesan terdahulu yang disampaikan
dalam kata-kata tertulis biasanya memuat informasi vital mengenai manajemen
orang, politik, dan pajak. Saat ini, teks dan kemampuan untuk membaca merupakan
gerbang menuju kekuasaan dan pengetahuan (Vaughan, 2006).
Objek-objek
multimedia ada 6 jenis, yaitu teks, grafis, bunyi (sound), video, animasi,
software. merupakan bentuk data multimedia yang mudah disimpan dan
dikendalikan.
A.
Teks
Bentuk data
multimedia yang paling mudah tersimpan dan dikendalikan adalah teks. Teks dapat
membentuk kata , surat, atau narasi dalam multimedia, yang menyajikan bahasa
kita. Kebutuhan teks tergantung pada kegunaan aplikasi multimedia. Misalnya
game membutuhkan teks lebih
sedikit
sedangkan ensiklopedia membutuhkan teks lebih banyak. Lebih dari itu teks mempunyai struktur linier sederhana. Meskipun
mungkin saja ada multimedia tanpa teks
kebanyakan sistem multimedia menggunakan teks sebab teks sangat efektif
untuk menyampaikan ide, serta memberikan panduan kepada pengguna. Secara umum
ada empat macam teks: teks cetak, teks hasil scane, teks elektronik, dan hyper
text.
1) Teks
cetak
Agar komputer
multimedia bisa membaca teks cetak maka harus mengubahnya ke format yang bisa
dibaca mesin. Cara paling jelas untuk melakukan ini adalah mengetik teks
tersebut dengan word poccessor atau teks editor. Tetapi itu bisa sangat
menguras waktu. Cara lebih efektif adalah menscane teks tersebut.
2) Teks
hasil scane
Kini tersedia banyak
scaner yang dapat membaca teks cetak dan mengkonfersinya menjadi fotmaat yang
terbaca mesin dan menghasilkan scaned text. Pada prinsipnya ada tiga jenis
scanner : flatbed, handheld, dan sheet-fed.
3)
Teks elektronik
Teks
jenis ini bisa dibaca komputer dan dikirim secara elektronis melalui jaringan.
4)
Hyper teks
Hyperteks
merupakan dasar untuk produksi multimedia virtual. Hyperteks mengacu pada teks
yang telah masuk link. Hyper teks akan menampilkan objek yang masuk dalam link
yang kita klik. Objek itu antara lain adalah grafik, audio, vidio dan animasi.
Kemampuan hyper teks melakukan link maka kita dapat menyembunyikan objek
tersebut. Link dapat memberikan dimensi lebih kepada teks, sebab itulah ia
dinamakan hyper. Untuk membuat hyper teks kita membutuhkan perangkat khusus
untuk menciptakan link, misalnya Html , java, ASPPHP, dan sebagainya.(Suryanto, 2003).
B.
Grafik
Gambar dapat
meringkas dan menyajikan data kompleks dengan cara baru yang lebih berguna.
Sering dikatakan bahwa sebuah gambar mampu menyampaikan seribu kata, tapi itu
hanya berlaku jika kita bisa menampilkan gambar yang diinginkan saat
memerlukannya. Multimedia membantu kita melakukan hal ini yakni ketika gambar
grafis menjadi objek suatu link. Grafis sering kali muncul sebagai backdrop
suatu teks untuk menghadirkan kerangka yang mempermanis teks. Gambar juga
berfungsi sebagai ikon.
1) Gambar
vektor
Gambar vektor tidak disimpan dalam
sebuah gambar tetapi tersimpan sebagai rangkaian intruksi yang digunakan untuk
membuat suatu gambar yang dinamakan algoritma, yang menentukan bentuk kn gurva,
garis, dan berbagai bangun dengan gambar. Vektor image adalah pilihan yang
lebih efesien dibanding bitmap karena memiliki tiga kelebihan. Pertama,
bersifat scalable artinya bisa menggunakan program grafis untuk memperkecil
atau memperbesar ukuran image tanpa mengubah kualitas dan tidak tergantng
resolusi. Kedua vektor image biasanya memiliki ukuran lebih kecil dibanding bitmap
sehingga lebih cepat di download. Ketiga,
gambar vektor dapat diubah dalam berbagai tampilan tiga dimensi. Dengan perangkat
lunak yang sesuai, dpat membangun sebuah tampilan gambar dari setiap arah
bahkan dari potongan melintang (Suyanto, 2003).
2)
Gambar
Bitmap (Bitmap Image)
Gambar
bitmap merupakan rekonstruksi dari gambar asli. Gambar bitmap adalah gambar
yang tersimpan sebagai rangkaian pixel (titik-titik) yang memenuhi bidang
titik-titik di layar komputer. Seluruh informasi gambar dinyatakan dalam pixel.
Kelemahannya, kita tidak dapat memperbesar atau memperkecil resolusinya karena
resolusinya bergantung pada gambar asli. Meskipun demikian gambar bitmap
mempunyai beberapa kelebihan, antara lain pengolahannya minimal dan lebih cepat
untuk ditampilkan, karena gambar bitmap dapat ditransfer secara langsung dari
file ke layar monitor Anda.
3)
Clip
Art
Membuat
grafis dengan tangan sangat menyita waktu. Untuk menghemat waktu, ada banyak
sekali koleksi (library) clip art yang dapat Anda gunakan waktu membuat
multimedia. Ada banyak
koleksi dengan kategori umum, termasuk foto, ikon, animasi, background tile,
button, dan bullet, sementara koleksi lain berfokus pada visual theme, seperti
image alam atau keilmuan. Biasanya kita bisa menggunakan berbagai clip art
image tanpa harus bayar tapi pastikan dulu lisensinya, siapa tahu ada
pembatasan tertentu.
4)
Digitized
Picture
Video
capture board (capture card) memungkinkan kita untuk menyambungkan komputer
dengan video camera, VCR, vido disc player, atau live video feed dan langsung
menjadikan frame-frame gambar tersebut menjadi bitmap yang dapat digunakan
dalam aplikasi multimedia.
5)
Hyperpicture
Sebagaimana
halnya suatu kata bisa menjadi pemicu di sebuah hypertext, begitu pula dengan
bagian dari suatu gambar. Ketika gambar terdapat bagian yang bisa digunakan
untuk memicu sebuah multimedia event, maka gambar demikian disebut hyperpicture.
6)
Format File Grafik
·
PICT merupakan format file default Macintosh yang tersedia untuk
setiap aplikasi grafik yang dijalankan pada sebuah platform Macintosh.
Karakteristik kunci dari tipe file PICT adalah kemampuannya untuk memuat objek
yang digambar secara bitmap maupun vektor.File ini diindikasikan dengan
ekstensi BMP yang merupakan format file default Windows. Format file ini yang
paling populer pada platform Windows dan diidentifikasikan dengan ekstensi BMP.
Format BMP mendukung RGB, Indexed Colour,
Grayscale, danBitmap colour mode.
·
Joint Photographic Experts Group (JPEG) bertanggungjawab terhadap
pengembangan standar dan format pemetaan gambar yang digunakan secara luas di
seluruh dunia. JPEG menggunakan ekstensi
“JPG”. JPEG merupakan format file yang paling populer digunakan di Web.
Desainer dapat memilih derajat kompresi file JPEG dengan mengindikasikan
penetapan output resolusi rendah, resolusi sedang atau resolusi tinggi.
·
Format file GIF (Grafik Interchange File) merupakan format file
terkompresi yang dikembangkan oleh CompuServe untuk digunakan di Internet.
Format GIF Preserves secara transparan dalam gambar warna terindeks dan
memungkinkan desainer membuat gambar animasi kecil dengan meletakkan gambar
pada ujung atas (gambar satu dengan yang lainnya).
·
Tagged Interchange File Format (TIFF) merupakan format file
terkompresi yang biasa digunakan di paket desktop publishing dan merupakan file
bagi perusahaan percetakan. File ini diindikasikan dengan ekstensi TIF.
Kekuatan dari format file TIFF adalah lebih fleksibel dari format gambar bitmap
yang didukung secara ritual oleh seluruh point, image editing dan gambar
aplikasi kedalaman layout.
·
Encapsulated Post Script (EPS) language file format digunakan
dalam photoshop dapat memuat baik gambar vektor maupun grafik dan didukung
secara luas oleh program grafik, ilustrasi dan layout halaman. File ini
diindikasikan dengan ekstensi EPS. Format EPS digunakan untuk mentransfer
artwork bahasa Post Script antara aplikasi.
·
Portable Network Graphics (PNG) dikembangkan sebagai alternatif
bebast-patent untuk GIF. File ini diindikasikan dengan PNG. PNG merupakan
sebuah format file terkompresi untuk menampilkan gambar pada World Wide Web.
· PSD merupakan format yang
digunakan Photoshop untuk menyimpan file yang telah dibuat dan dimanipulasi.
PSD mendukung seluruh mode gambar yang tersedia (Bitmap, Greyscale, Indexed
Colour, RGB, CMYK, Lab dan Multi Channel). (Suryanto, 2003).
C.
Bunyi
Bunyi
dalam PC multimedia, khususnya pada aplikasi bidang bisnis dan game sangat
bermanfaat. PC multimedia tanpa bunyi hanya disebut unimedia, bukan multimedia.
Kemampuan dasar bunyi yang harus dimiliki antara lain:
a. Membuat
dan mensintesis bunyi
b. Menagkap
bunyi dari dunia luar, dari yang anda dengar dan dari CD.
c. Mengendalikan
bunyi yang dibuat dari instrumen elektronik,, misalnya MIDI.
d. Memainkan
kembali bunyi tersebut lewat speaker atau sejenisnya
Ada tiga jenis
objek bunyi yang dapat digunakan dalam produksi multimedia. Yakni format,
wavefrom audio, aiff, datt, ibf, mod, rmi, sbi, snd, voc, au, MIDI Sountreck,
compact disk audio dan MP3 file.
D.
Video
Video
menyediakan sumber daya yang kaya dan hidup bagi aplikasi multimedia. Ada empat
macam video yang dapat digunakan sebagai objek link dalam aplikasi multimedia:
1) Live
video feed
Live video feed menyediakan menyediakan objek-objek multimedia yang
menarik dan realtime. Saluran tv atau live camera feed menjadi objek sebuah
link.
2) Video
tape
Ada
beberapa format dari video tape yaitu vhs, 88mm, hi8mm, fhs-c, super vhs dan
betacam. Jenis medium yang paling banyak dijumpai adalah video tape tetapi
medium ini memiliki dua keterbatasan, yang pertama sifatnya linier, informasi
tersimpan dalam pita gulungan, dan untuk mengaksesnya kita harus menunggu
karena harus mempercepat atau menggulung balik, untuk dampai kepada spot yang
kita inginkan, dan itu lamanya sampai 3 menit. Kedua, kebanyakan video tape
player tidak dikontrol lewat komputer.
3) Video
disk
Ada dua format
video disk yang paling bnyak diproduksi: CAV dan CEF. Karena video disk
memiliki random acces sangat cepat dan hanya menempati sedikit saja sumberdaya
komputer multimedia, maka di abad 20, video disk menjadi salah satu sarana
terpopuler untuk menyediakan video bagi aplikasi multimedia dalam pendidikan,
pemerintah dan training industri, tetapi kini telah pudar dengan munculnya
digital video dan DVD.
4) Digital
video
Merupakan
medium penyimpanan video yang paling menjanjikan. Didital video mempunyai
format utama yaitu minidv dan didital8.
5) DVD
Dvd
menggunakan MPEG-2 untuk memadatkan sebuah film panjang menjadi cakram 4,7
inci. Film akan tampak sangat bagus dengan surrond sound dan full color video
berhorizontal line 540. Dvd juga menyediakan pilihan bahasa kepada pemirsa,
dengan subtitle atau tidak, dan kadang pemakai dapat memilih menampilkan ending
alternatif pada sebuah film. Dvd pun menjanjikan kita bisa menciptakan
penyimpanan semua fitur film yang dapat diakses secara digital.
6) Hyper
video
Ada
banyk multimedia creation toll yangmemungknkan kita melakukan timing munculnya
objek-objek untuk mengsinkronkan dengan video, ketika video digunakan untuk
memicu objek-objek multimedia, ia dinamakan hypervideo.
7) Standard
video
Ada
beberapa standar video yang dipakai, diantaranya: NTSC, PAL, SECAM dan HDTV.
8) Format
File Video
Merupakan
hal penting. Isu penting lain adalh jenis berbeda dari format file untuk
integrasi video digital kedalam aplikasi multimedia. Format file antara lain:
AVI, MOF, MPEG, DAT, RM/RAM, dan SW.
9) Digitalisasi
video
Untuk
menambahkan video pada situs web multimedia kita harus melakukan digitalisasi
video yang ada pada web, dengan demikian membutuhkan alat-alat yang dapat
menghasilkan kualitas lebih tinggi ketika melakukan digitalisasi video
alat-alat yang digunakan antara lain: cam corder atau VCR untuk memainkan
video, kabel yang sesuai untuk menghubungkan ke komputer, perangkat keras
digitalisasi video, hardisk dangan kecepatan tinggi untuk menangkap
video,menyimpan file video dan audio digital dan perangkat lunak penangkap
video untuk mengotrol digitalisasi video.
10) Kompresi
Video
Untuk
membuat ukuran file vide menjadi lebih kecil, maka perlu dilakukan kompresi,
apalagi video yang akan dijalankan di web.
Codec merupakan perangkat lunak untuk mengatasi masalah ini yang dapat
melakukan kompresi dan dekompresi dengan cara berbeda-beda, ketika membuat
video digital, maka codec melakukan kompresi, sedangkan ketika memainkan
kembali video digital, codec melakukan dekompresi.
E.
Animasi
Animasi
merupakan penggunaan komputer untuk menciptakan gerak pada layar. Ada sembilan
macam animasi yaitu
1)
Animasi sel (cel
animation)
Kata
cell berasal dari kata celluloid yang
merupakan material yang digunakan untuk membuat film gambar bergerak
pada saat awal. Sel animasi biasanya merupakan lembaran-lembaran yang membentuk
sebuah frame animasi tunggal. Sel animasi merupakan sel yang terpisah dari
lembaran latar belakang dan sebuah sel untuk masing-masing objek yang bergerak
secraa mandiri diatas layar belakang. Sebuah frame terdiri dari sel latar
belakang dan sel atasnya. Diantara lembaran-lembaran dapat disisipi efek
animasi agar karakter berjalan mulus yang digunakan adalah keyframe. Selain
dengan keyframe proses dan treminoologi animasi sel dengan layering dan
tweening dapat dibuat dengan animasi komputer.
2)
Animasi frame
Adalah
bentuk animasi yang paling sederhana. Pada komputer multimedia animasi
tersebut menampilkan sebuah gambar yang
berurutan secara cepat antara frame satu dan frame lainnya berbeda.
3)
Animasi sprite
Animasi
sprite serupa dengan animasi tradisional, yaitu objek yang diletakan dan
dianimasikan pada bagian puncak grafik dengan latar belakang diam. Sprite adalah
setiap bagian dari animasi yang bergerak secara mandiri, misalnya burung
terbang, planet berotasi dan lain-lain.
4)
Animasi lintasan
Adalah
animasi dari objek yang bergerak sepanjang garis kurva yang kita tentukan
sebgai lintasan. Animasi ini sangat membantu jika kita membuat animasi pesawat
terbang dan lain-lain.
5)
Animasi spline
Spline
adalah representasi matematis dari kurva. Bila objek bergerak biasanya tidak
mengikuti garis lurus, misalnya berbentuk kurva. Program animasi komputer
memungkinkan kita untuk membuat animasi spline dengan lintasan gerakan
berbentuk kurva.
6)
Animasi vektor
Animasi
vektor serupa dengan animasi sprite. Animasi sprite menggunakan bitmap, animasi
vektor menggunakan rumus matematika. Rumus ini serupa dengan rumus yang
menggambarkan kurva sline. Animasi vektor menjadikan objek bergerak dengan
memvasiasikan ketiga parameter ujung pangkal, arah dan panjang pada
segmen-segmen garis yang menentukan objek.
7)
Animasi karakter
Merupakan
sebuah cabang khusus animasi semisal yang kita lihat di film kartun. Animasi
ini berbeda dengan animasi lainnya. Untuk membuat animasi karakter yang hidup dan meyakinkan merupakankat lunak yang
sebuah seni yang membutuhkan pertimbangan khusus dalam pengkerjaan. Perangkat
lunak yang digunakan untuk animasi adalah maya unlimited contohnya kartun
toistore.
8)
Computational animation
Computational
animation dapat menggerakan objek di layar kita dengan memvariasikan kordinan X
dan Y nya. Kordinat X merupakan komposisi hotizontal objek sedangkan ordinat Y
merupakan komposisi vertikal.
9)
Morphing
Morphing
artinya mengubah satu bentuk nejadi bentuk lain dengan menampilkan serangkain
frame yang menciptakan gerakan halus begitu bentuk pertama menjadi bentuk lain.
Kita bisa melakukan hal ini dengan progran morphous. Perangkat lunak morphing
menciptakan frame transisi secara otomatis. Contohnya gambar kucing dapar berubah
menjadi anak kecil.
F.
Software
Dan Data
Salah
satu konsep paling ampuh dalam multimedia adalah keterpaduan serempak yang
dapat dicapai dengan menciptakan link ke berbagai dokumen dan dataset. Saat
pemakai memicu satu link ke suatu dokumen word processor, seperti file dog
dimicrosoft word misalnya makan komputer akan secara otomatis meluncurkan
aplikasi perangkat lunak dan mengggunakannya untuk menampilkan dokumen yang
dimaksud.
G.
Cara
Menemukan Multimedia Resources Di Web
Web
merupakan sumberdaya yang sangat kaya untuk menemukan segala jenis objek
multimedia. www.iisd.ca/linkages/ merupakan sumber
multimedia untuk pembuat kebijakan pengembangan dan lingkungan.
Berbagai
web search menyediakan akses cepat dan mudah ke jutaan teks dokumen, dataset
statistik, gambar, soundtrack, msuik, film, animasi, multimedia utilities,
berbagai tool untuk membuat webpage dan segala jenis aplikasi perangkat lunak.
II.
KESIMPULAN
Kesimpulan dari pembahasan
diatas adalah sebagai berikut:
1. Bentuk
data multimedia yang paling mudah tersimpan dan dikendalikan adalah teks. Secara
umum ada empat macam teks: teks cetak, teks hasil scane, teks elektronik, dan
hyper text.
2. Multimedia
membantu kita melakukan hal ini yakni ketika gambar grafis menjadi objek suatu
link. Grafis sering kali muncul sebagai backdrop suatu teks untuk menghadirkan
kerangka yang mempermanis teks
3. Bunyi
dalam PC multimedia, khususnya pada aplikasi bidang bisnis dan game sangat
bermanfaat. PC multimedia tanpa bunyi hanya disebut unimedia, bukan multimedia
4. Video
menyediakan sumber daya yang kaya dan hidup bagi aplikasi multimedia. Ada empat
macam video yang dapat digunakan sebagai objek link dalam aplikasi multimedia.
5. Animasi
merupakan penggunaan komputer untuk menciptakan gerak pada layar.
6. Salah
satu konsep paling ampuh dalam multimedia adalah keterpaduan serempak yang
dapat dicapai dengan menciptakan link ke berbagai dokumen dan dataset
7. Berbagai
web search menyediakan akses cepat dan mudah ke jutaan teks dokumen, dataset
statistik, gambar, soundtrack, msuik, film, animasi, multimedia utilities,
berbagai tool untuk membuat webpage dan segala jenis aplikasi perangkat lunak.
DAFTAR
PUSTAKA
Robisn Landa. 2001. Grafic Desain Solution. secend
edition.
onwordpress-Thomson Learning
Suyanto M. 2003. Multimedia alat untuk meningkatkan keunggulan bersaing. Yogyakarta
: Andi
Turban, McLean, Wetherbe. 2002. Information Teckologi For Menegement,
3 th edition. John Wiley & Sons Inc.
Vaugan, tay. 2004. Multimedia: Making It Work, sixth edition. McGraw-hil companies, inc
Posted by 06.47 and have
0
komentar
, Published at
Tidak ada komentar:
Posting Komentar