OBJEK-OBJEK MULTIMEDIA

OBJEK-OBJEK MULTIMEDIA

OBJEK-OBJEK MULTIMEDIA
(Makalah Mata Kuliah Teknologi Informasi Dan Multimedia)








Oleh:
Kelompok 4


Aldilla Putri                1214131008
Eka Prianti                  1214131032
Erni Rohasti                1214131034
Fitri Solekhah              1214131040






 









JURUSAN AGRIBISNIS
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS LAMPUNG
2013


I.         PEMBAHASAN
Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media ini dapat audio, animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk, 2002 Hal 21). Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio, dan gambar video (Robisn landa, 2001).
Pada saat ini, komputer multimedia telah menjadi suatu kebutuhan, bagi kalangan bisnis ataupun kelompok masyarakat lainnya. Pada saat ini,  informasi tidak cukup hanya melalui teks dan grafik saja. Sekarang informasi mencakup kelengkapan teks, grafik, animasi, gambar dan audio/video.Menggunakan teks dan simbol untuk komunikasi merupakan perkembangan manusia yang dimulai sejak 6.000 tahun lalu. Pesan terdahulu yang disampaikan dalam kata-kata tertulis biasanya memuat informasi vital mengenai manajemen orang, politik, dan pajak. Saat ini, teks dan kemampuan untuk membaca merupakan gerbang menuju kekuasaan dan pengetahuan (Vaughan, 2006).
Objek-objek multimedia ada 6 jenis, yaitu teks, grafis, bunyi (sound), video, animasi, software. merupakan bentuk data multimedia yang mudah disimpan dan dikendalikan.
A.      Teks
Bentuk data multimedia yang paling mudah tersimpan dan dikendalikan adalah teks. Teks dapat membentuk kata , surat, atau narasi dalam multimedia, yang menyajikan bahasa kita. Kebutuhan teks tergantung pada kegunaan aplikasi multimedia. Misalnya game membutuhkan teks lebih


sedikit sedangkan ensiklopedia membutuhkan teks lebih banyak. Lebih dari itu teks  mempunyai struktur linier sederhana. Meskipun mungkin saja ada multimedia tanpa teks  kebanyakan sistem multimedia menggunakan teks sebab teks sangat efektif untuk menyampaikan ide, serta memberikan panduan kepada pengguna. Secara umum ada empat macam teks: teks cetak, teks hasil scane, teks elektronik, dan hyper text.
1)      Teks cetak
Agar komputer multimedia bisa membaca teks cetak maka harus mengubahnya ke format yang bisa dibaca mesin. Cara paling jelas untuk melakukan ini adalah mengetik teks tersebut dengan word poccessor atau teks editor. Tetapi itu bisa sangat menguras waktu. Cara lebih efektif adalah menscane teks tersebut.
2)      Teks hasil scane
Kini tersedia banyak scaner yang dapat membaca teks cetak dan mengkonfersinya menjadi fotmaat yang terbaca mesin dan menghasilkan scaned text. Pada prinsipnya ada tiga jenis scanner : flatbed, handheld, dan sheet-fed.
3)        Teks elektronik
Teks jenis ini bisa dibaca komputer dan dikirim secara elektronis melalui jaringan.

4)        Hyper teks
Hyperteks merupakan dasar untuk produksi multimedia virtual. Hyperteks mengacu pada teks yang telah masuk link. Hyper teks akan menampilkan objek yang masuk dalam link yang kita klik. Objek itu antara lain adalah grafik, audio, vidio dan animasi. Kemampuan hyper teks melakukan link maka kita dapat menyembunyikan objek tersebut. Link dapat memberikan dimensi lebih kepada teks, sebab itulah ia dinamakan hyper. Untuk membuat hyper teks kita membutuhkan perangkat khusus untuk menciptakan link, misalnya Html , java, ASPPHP, dan sebagainya.(Suryanto, 2003).
B.       Grafik
Gambar dapat meringkas dan menyajikan data kompleks dengan cara baru yang lebih berguna. Sering dikatakan bahwa sebuah gambar mampu menyampaikan seribu kata, tapi itu hanya berlaku jika kita bisa menampilkan gambar yang diinginkan saat memerlukannya. Multimedia membantu kita melakukan hal ini yakni ketika gambar grafis menjadi objek suatu link. Grafis sering kali muncul sebagai backdrop suatu teks untuk menghadirkan kerangka yang mempermanis teks. Gambar juga berfungsi sebagai ikon.
1)      Gambar vektor
Gambar vektor tidak disimpan dalam sebuah gambar tetapi tersimpan sebagai rangkaian intruksi yang digunakan untuk membuat suatu gambar yang dinamakan algoritma, yang menentukan bentuk kn gurva, garis, dan berbagai bangun dengan gambar. Vektor image adalah pilihan yang lebih efesien dibanding bitmap karena memiliki tiga kelebihan. Pertama, bersifat scalable artinya bisa menggunakan program grafis untuk memperkecil atau memperbesar ukuran image tanpa mengubah kualitas dan tidak tergantng resolusi. Kedua vektor image biasanya memiliki ukuran lebih kecil dibanding bitmap sehingga lebih cepat di download. Ketiga, gambar vektor dapat diubah dalam berbagai tampilan tiga dimensi. Dengan perangkat lunak yang sesuai, dpat membangun sebuah tampilan gambar dari setiap arah bahkan dari potongan melintang (Suyanto, 2003).

2)      Gambar Bitmap (Bitmap Image)
Gambar bitmap merupakan rekonstruksi dari gambar asli. Gambar bitmap adalah gambar yang tersimpan sebagai rangkaian pixel (titik-titik) yang memenuhi bidang titik-titik di layar komputer. Seluruh informasi gambar dinyatakan dalam pixel. Kelemahannya, kita tidak dapat memperbesar atau memperkecil resolusinya karena resolusinya bergantung pada gambar asli. Meskipun demikian gambar bitmap mempunyai beberapa kelebihan, antara lain pengolahannya minimal dan lebih cepat untuk ditampilkan, karena gambar bitmap dapat ditransfer secara langsung dari file ke layar monitor Anda.

3)      Clip Art
Membuat grafis dengan tangan sangat menyita waktu. Untuk menghemat waktu, ada banyak sekali koleksi (library) clip art yang dapat Anda gunakan waktu membuat multimedia. Ada banyak koleksi dengan kategori umum, termasuk foto, ikon, animasi, background tile, button, dan bullet, sementara koleksi lain berfokus pada visual theme, seperti image alam atau keilmuan. Biasanya kita bisa menggunakan berbagai clip art image tanpa harus bayar tapi pastikan dulu lisensinya, siapa tahu ada pembatasan tertentu.

4)      Digitized Picture
Video capture board (capture card) memungkinkan kita untuk menyambungkan komputer dengan video camera, VCR, vido disc player, atau live video feed dan langsung menjadikan frame-frame gambar tersebut menjadi bitmap yang dapat digunakan dalam aplikasi multimedia.

5)      Hyperpicture
Sebagaimana halnya suatu kata bisa menjadi pemicu di sebuah hypertext, begitu pula dengan bagian dari suatu gambar. Ketika gambar terdapat bagian yang bisa digunakan untuk memicu sebuah multimedia event, maka gambar demikian disebut hyperpicture.

6)      Format File Grafik
·      PICT merupakan format file default Macintosh yang tersedia untuk setiap aplikasi grafik yang dijalankan pada sebuah platform Macintosh. Karakteristik kunci dari tipe file PICT adalah kemampuannya untuk memuat objek yang digambar secara bitmap maupun vektor.File ini diindikasikan dengan ekstensi BMP yang merupakan format file default Windows. Format file ini yang paling populer pada platform Windows dan diidentifikasikan dengan ekstensi BMP. Format BMP mendukung RGB, Indexed Colour, Grayscale, danBitmap colour mode.
·      Joint Photographic Experts Group (JPEG) bertanggungjawab terhadap pengembangan standar dan format pemetaan gambar yang digunakan secara luas di seluruh dunia.  JPEG menggunakan ekstensi “JPG”. JPEG merupakan format file yang paling populer digunakan di Web. Desainer dapat memilih derajat kompresi file JPEG dengan mengindikasikan penetapan output resolusi rendah, resolusi sedang atau resolusi tinggi.
·      Format file GIF (Grafik Interchange File) merupakan format file terkompresi yang dikembangkan oleh CompuServe untuk digunakan di Internet. Format GIF Preserves secara transparan dalam gambar warna terindeks dan memungkinkan desainer membuat gambar animasi kecil dengan meletakkan gambar pada ujung atas (gambar satu dengan yang lainnya).
·      Tagged Interchange File Format (TIFF) merupakan format file terkompresi yang biasa digunakan di paket desktop publishing dan merupakan file bagi perusahaan percetakan. File ini diindikasikan dengan ekstensi TIF. Kekuatan dari format file TIFF adalah lebih fleksibel dari format gambar bitmap yang didukung secara ritual oleh seluruh point, image editing dan gambar aplikasi kedalaman layout.
·      Encapsulated Post Script (EPS) language file format digunakan dalam photoshop dapat memuat baik gambar vektor maupun grafik dan didukung secara luas oleh program grafik, ilustrasi dan layout halaman. File ini diindikasikan dengan ekstensi EPS. Format EPS digunakan untuk mentransfer artwork bahasa Post Script antara aplikasi.
·     Portable Network Graphics (PNG) dikembangkan sebagai alternatif bebast-patent untuk GIF. File ini diindikasikan dengan PNG. PNG merupakan sebuah format file terkompresi untuk menampilkan gambar pada World Wide Web.
·      PSD merupakan format yang digunakan Photoshop untuk menyimpan file yang telah dibuat dan dimanipulasi. PSD mendukung seluruh mode gambar yang tersedia (Bitmap, Greyscale, Indexed Colour, RGB, CMYK, Lab dan Multi Channel). (Suryanto, 2003).
C.      Bunyi
Bunyi dalam PC multimedia, khususnya pada aplikasi bidang bisnis dan game sangat bermanfaat. PC multimedia tanpa bunyi hanya disebut unimedia, bukan multimedia. Kemampuan dasar bunyi yang harus dimiliki antara lain:
a.       Membuat dan mensintesis bunyi
b.      Menagkap bunyi dari dunia luar, dari yang anda dengar dan dari CD.
c.       Mengendalikan bunyi yang dibuat dari instrumen elektronik,, misalnya MIDI.
d.      Memainkan kembali bunyi tersebut lewat speaker atau sejenisnya
Ada tiga jenis objek bunyi yang dapat digunakan dalam produksi multimedia. Yakni format, wavefrom audio, aiff, datt, ibf, mod, rmi, sbi, snd, voc, au, MIDI Sountreck, compact disk audio dan MP3 file.

D.      Video
Video menyediakan sumber daya yang kaya dan hidup bagi aplikasi multimedia. Ada empat macam video yang dapat digunakan sebagai objek link dalam aplikasi multimedia:


1)      Live video feed
Live video feed menyediakan  menyediakan objek-objek multimedia yang menarik dan realtime. Saluran tv atau live camera feed menjadi objek sebuah link.
2)      Video tape
Ada beberapa format dari video tape yaitu vhs, 88mm, hi8mm, fhs-c, super vhs dan betacam. Jenis medium yang paling banyak dijumpai adalah video tape tetapi medium ini memiliki dua keterbatasan, yang pertama sifatnya linier, informasi tersimpan dalam pita gulungan, dan untuk mengaksesnya kita harus menunggu karena harus mempercepat atau menggulung balik, untuk dampai kepada spot yang kita inginkan, dan itu lamanya sampai 3 menit. Kedua, kebanyakan video tape player tidak dikontrol lewat komputer.

3)      Video disk
Ada dua format video disk yang paling bnyak diproduksi: CAV dan CEF. Karena video disk memiliki random acces sangat cepat dan hanya menempati sedikit saja sumberdaya komputer multimedia, maka di abad 20, video disk menjadi salah satu sarana terpopuler untuk menyediakan video bagi aplikasi multimedia dalam pendidikan, pemerintah dan training industri, tetapi kini telah pudar dengan munculnya digital video dan DVD.
4)      Digital video
Merupakan medium penyimpanan video yang paling menjanjikan. Didital video mempunyai format utama yaitu  minidv dan didital8.

5)      DVD
Dvd menggunakan MPEG-2 untuk memadatkan sebuah film panjang menjadi cakram 4,7 inci. Film akan tampak sangat bagus dengan surrond sound dan full color video berhorizontal line 540. Dvd juga menyediakan pilihan bahasa kepada pemirsa, dengan subtitle atau tidak, dan kadang pemakai dapat memilih menampilkan ending alternatif pada sebuah film. Dvd pun menjanjikan kita bisa menciptakan penyimpanan semua fitur film yang dapat diakses secara digital.

6)      Hyper video
Ada banyk multimedia creation toll yangmemungknkan kita melakukan timing munculnya objek-objek untuk mengsinkronkan dengan video, ketika video digunakan untuk memicu objek-objek multimedia, ia dinamakan hypervideo.

7)      Standard video
Ada beberapa standar video yang dipakai, diantaranya: NTSC, PAL, SECAM dan HDTV.

8)      Format File Video
Merupakan hal penting. Isu penting lain adalh jenis berbeda dari format file untuk integrasi video digital kedalam aplikasi multimedia. Format file antara lain: AVI, MOF, MPEG, DAT, RM/RAM, dan SW.

9)      Digitalisasi video
Untuk menambahkan video pada situs web multimedia kita harus melakukan digitalisasi video yang ada pada web, dengan demikian membutuhkan alat-alat yang dapat menghasilkan kualitas lebih tinggi ketika melakukan digitalisasi video alat-alat yang digunakan antara lain: cam corder atau VCR untuk memainkan video, kabel yang sesuai untuk menghubungkan ke komputer, perangkat keras digitalisasi video, hardisk dangan kecepatan tinggi untuk menangkap video,menyimpan file video dan audio digital dan perangkat lunak penangkap video untuk mengotrol digitalisasi video.

10)    Kompresi Video
Untuk membuat ukuran file vide menjadi lebih kecil, maka perlu dilakukan kompresi, apalagi video yang akan dijalankan di web.  Codec merupakan perangkat lunak untuk mengatasi masalah ini yang dapat melakukan kompresi dan dekompresi dengan cara berbeda-beda, ketika membuat video digital, maka codec melakukan kompresi, sedangkan ketika memainkan kembali video digital, codec melakukan dekompresi.

E.       Animasi
Animasi merupakan penggunaan komputer untuk menciptakan gerak pada layar. Ada sembilan macam animasi yaitu
1)        Animasi sel (cel animation)
Kata cell berasal dari kata celluloid yang  merupakan material yang digunakan untuk membuat film gambar bergerak pada saat awal. Sel animasi biasanya merupakan lembaran-lembaran yang membentuk sebuah frame animasi tunggal. Sel animasi merupakan sel yang terpisah dari lembaran latar belakang dan sebuah sel untuk masing-masing objek yang bergerak secraa mandiri diatas layar belakang. Sebuah frame terdiri dari sel latar belakang dan sel atasnya. Diantara lembaran-lembaran dapat disisipi efek animasi agar karakter berjalan mulus yang digunakan adalah keyframe. Selain dengan keyframe proses dan treminoologi animasi sel dengan layering dan tweening dapat dibuat dengan animasi komputer.

2)        Animasi frame
Adalah bentuk animasi yang paling sederhana. Pada komputer multimedia animasi tersebut  menampilkan sebuah gambar yang berurutan secara cepat antara frame satu dan frame lainnya berbeda.

3)        Animasi sprite
Animasi sprite serupa dengan animasi tradisional, yaitu objek yang diletakan dan dianimasikan pada bagian puncak grafik dengan latar belakang diam. Sprite adalah setiap bagian dari animasi yang bergerak secara mandiri, misalnya burung terbang, planet berotasi dan lain-lain.

4)        Animasi lintasan
Adalah animasi dari objek yang bergerak sepanjang garis kurva yang kita tentukan sebgai lintasan. Animasi ini sangat membantu jika kita membuat animasi pesawat terbang dan lain-lain.

5)        Animasi spline
Spline adalah representasi matematis dari kurva. Bila objek bergerak biasanya tidak mengikuti garis lurus, misalnya berbentuk kurva. Program animasi komputer memungkinkan kita untuk membuat animasi spline dengan lintasan gerakan berbentuk kurva.

6)        Animasi vektor
Animasi vektor serupa dengan animasi sprite. Animasi sprite menggunakan bitmap, animasi vektor menggunakan rumus matematika. Rumus ini serupa dengan rumus yang menggambarkan kurva sline. Animasi vektor menjadikan objek bergerak dengan memvasiasikan ketiga parameter ujung pangkal, arah dan panjang pada segmen-segmen garis yang menentukan objek.

7)        Animasi karakter
Merupakan sebuah cabang khusus animasi semisal yang kita lihat di film kartun. Animasi ini berbeda dengan animasi lainnya. Untuk membuat animasi karakter yang  hidup dan meyakinkan merupakankat lunak yang sebuah seni yang membutuhkan pertimbangan khusus dalam pengkerjaan. Perangkat lunak yang digunakan untuk animasi adalah maya unlimited contohnya kartun toistore.



8)        Computational animation
Computational animation dapat menggerakan objek di layar kita dengan memvariasikan kordinan X dan Y nya. Kordinat X merupakan komposisi hotizontal objek sedangkan ordinat Y merupakan komposisi vertikal.

9)        Morphing
Morphing artinya mengubah satu bentuk nejadi bentuk lain dengan menampilkan serangkain frame yang menciptakan gerakan halus begitu bentuk pertama menjadi bentuk lain. Kita bisa melakukan hal ini dengan progran morphous. Perangkat lunak morphing menciptakan frame transisi secara otomatis. Contohnya gambar kucing dapar berubah menjadi anak kecil.

F.       Software Dan Data
Salah satu konsep paling ampuh dalam multimedia adalah keterpaduan serempak yang dapat dicapai dengan menciptakan link ke berbagai dokumen dan dataset. Saat pemakai memicu satu link ke suatu dokumen word processor, seperti file dog dimicrosoft word misalnya makan komputer akan secara otomatis meluncurkan aplikasi perangkat lunak dan mengggunakannya untuk menampilkan dokumen yang dimaksud.

G.      Cara Menemukan Multimedia  Resources Di Web
Web merupakan sumberdaya yang sangat kaya untuk menemukan segala jenis objek multimedia. www.iisd.ca/linkages/ merupakan sumber multimedia untuk pembuat kebijakan pengembangan dan lingkungan.

Berbagai web search menyediakan akses cepat dan mudah ke jutaan teks dokumen, dataset statistik, gambar, soundtrack, msuik, film, animasi, multimedia utilities, berbagai tool untuk membuat webpage dan segala jenis aplikasi perangkat lunak. 


II.           KESIMPULAN
Kesimpulan dari pembahasan diatas adalah sebagai berikut:
1.      Bentuk data multimedia yang paling mudah tersimpan dan dikendalikan adalah teks. Secara umum ada empat macam teks: teks cetak, teks hasil scane, teks elektronik, dan hyper text.
2.      Multimedia membantu kita melakukan hal ini yakni ketika gambar grafis menjadi objek suatu link. Grafis sering kali muncul sebagai backdrop suatu teks untuk menghadirkan kerangka yang mempermanis teks
3.      Bunyi dalam PC multimedia, khususnya pada aplikasi bidang bisnis dan game sangat bermanfaat. PC multimedia tanpa bunyi hanya disebut unimedia, bukan multimedia
4.      Video menyediakan sumber daya yang kaya dan hidup bagi aplikasi multimedia. Ada empat macam video yang dapat digunakan sebagai objek link dalam aplikasi multimedia.
5.      Animasi merupakan penggunaan komputer untuk menciptakan gerak pada layar.
6.      Salah satu konsep paling ampuh dalam multimedia adalah keterpaduan serempak yang dapat dicapai dengan menciptakan link ke berbagai dokumen dan dataset
7.      Berbagai web search menyediakan akses cepat dan mudah ke jutaan teks dokumen, dataset statistik, gambar, soundtrack, msuik, film, animasi, multimedia utilities, berbagai tool untuk membuat webpage dan segala jenis aplikasi perangkat lunak.


DAFTAR PUSTAKA
Robisn Landa. 2001. Grafic Desain Solution. secend edition. onwordpress-Thomson Learning

Suyanto M. 2003. Multimedia alat untuk meningkatkan keunggulan bersaing. Yogyakarta : Andi

Turban, McLean, Wetherbe. 2002. Information Teckologi For Menegement, 3 th edition.  John Wiley & Sons Inc.

Vaugan, tay. 2004. Multimedia: Making It Work, sixth edition. McGraw-hil companies, inc












share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 06.47 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar